Kenali 9 Gejala Kista Bartholin

      Tak ada komentar pada Kenali 9 Gejala Kista Bartholin

Gejala kista bartholin yang terjadi pada setiap individu mungkin akan berbeda, namun secara umum dalam dunia medis di ketahui bahwa ada beberapa karakteristik gejala kista bartholin yang umumnya terjadi pada orang yang terena penyakit kista bartholin. Apa sajakah gejala kista bartholin tersebut ?

Gejala Kista Bartholin

Gejala Kista Bartholin

Untuk mengetahui berbagai gejala kista bartholin, mari kita sama-sama bahas dengan tuntas disini.

Benjolan

Keberadaan kista bartholin pada organ intim dapat menyebabkan rasa tidak nyaman karena munculnya benjolan yang ukurannya bervariasi, mulai dari sebesar kacang hingga sebesar bola golf. Ada beberapa karakteristik atau tanda umum benjolan kista bartholin, diantaranya :

Tanpa rasa sakit

Meski tidak semua benjolan yang muncul adalah tanpa rasa sakit, namun beberapa wanita mungkin akan merasakan nyeri ketika benjolan di sentuh. Namun pada kebanyakan pasien yang mengalami kista jenis ini adalah munculnya benjolan yang tidak di sertai rasa sakit.

Lunak Saat Di Raba

Tekstur kista pada umumnya memang lunak, termasuk salah satunya adalah kista bartholin. Gejala kista bartholin pada remaja dan lansia pada umumnya adalah munculnya benjolan yang terasa lunak apabila di raba. Kelunakan dari benjolan ini disebabkan oleh kista yang isinya merupakan cairan dan tidak mengandung benda padat.

Ditemukan Tanpa Sengaja

Kebanyakan penderita kista bartholin tidak akan menyadari adanya benjolan pada bagian mulut vagina mereka. Kista baru akan ditemukan apabila tidak sengaja teraba atau terlihat benjolan pada bagian vagina. Pemeriksaan secara rutin perlu di galakan untuk mencegah terjadinya kista jenis ini.

Ukuran Kista Bartholin

Kista bartholin akan semakin besar apabila terjadi infeksi dalam kurun waktu beberapa jam atau beberapa hari. Infeksi yang menyebabkan kista bengkak biasnaya disertai dengan munculnya nanah (abses) dan menyebabkan rasa nyeri pada penderitanya. Beberapa hal yang dapat terjadi akibat pembesaran ukuran kista bartholin ini diantaranya :

Sulit duduk

Orang yang menderita kista bartholin bisa menderita sakit panggul dan sakit pada bagian dubur. Hal ini menyebabkan penderitanya kesulitan untuk duduk.

Susah Berjalan

Pergerakan yang terus menerus dilakukan pada organ kaki dapat menyebabkan kista terusik pada oleh paha dekat selangkangan. Maka penderita kista bartholin biasanya susah berjalan dan kurang baik dalam menjalanui aktifitas keseharian mereka.

Nyeri Saat Hubungan Intim

Hubungan seksual merupakan kebutuhan biologis manusia, seoarang wanita yang menderita penyakit kista bartholin biasanya akan kesulitan untuk melakukan hubungan seksual karena pembengkakan yang terjadi. Selain itu, kurangnya pelumas yang keluar pada mulut vagina juga menyebabkan penderita kista bartholin mengalami kesusahan ketika melakukan hubungan seksual.

Demam

Pada sebagian pasien, gejala kista bartholin juga disertai dengan munculnya demam atau suhu tubuh meningkat panas yang semakin hari semakin parah. Gejala ini muncul pada penderita kista bartholin pada remaja atau kista bartholin pada ibu hamil dan menyusui serta kista bartholin pada orang yang sudah tua.

Demam adalah reaksi tubuh terhadap adanya penyakit yang menyerang pada organ-organ tubuh, demam akan mereda apabila infeksi telah diatasi. Jika anda mengalami demam akibat penyakit kista bartholin, segera lakukan pengobatan terhadap kistanya terlebih dahulu agar demam yang anda rasakan juga cepat ikut sembuh.

Itulah berbagai gejala dan tanda kista bartholin yang diketahui menurut penelitian medis, jika anda merasakan gejala atau terdapat ciri ciri kista bartholin seperti diatas, baiknya anda segera melakukan pengobatan sebelum terlambat. Jangan biarkan penyakit berlanjut !

Gejala Kista Bartholin

Post By : Obat Kista Bartholin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *