Makanan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil Muda

Trimester awal atau waktu tiga bulan pertama seorang wanita hamil biasanya sangat rentan sekali mengalami keguguran. Menjaga kesehatan tubuh merupakan satu cara untuk memperbaiki kondisi ini. Salah satu cara mempertahankan kesehatan tubuh adalah dengan mengatur pola makan. Ada berbagai makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil muda. Apa sajakah itu ? Mari kita bahas rinciannya berikut ini.

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil Muda

Makanan Yang Dianjurkan Untuk Ibu Hamil Muda

Perlu di ingat bahwa anda perlu menghindari berbagai makanan pantangan saat hamil, seperti mengonsumsi buah nanas dan lain sebagainya. Terlepas dari itu, berikut ada sejumlah makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil muda.

  • Makanan Kaya Asam Folat, Bagi anda wanita hamil baiknya banyak-banyak memakan olahan yang mengandung kadar asam folat, karena zat ini dapat mencegah terjadinya keguguran, mencegah bayi lahir cacat seperti spina bifida dan elaiann premature. Sumber makanan yang mengandung banyak asam folat diantaranya adalah Kacang merah, bayam, sawi, selada, brokoli, wortel, asparagus, kacang polong, kedelai, buncis, stroberi, jambu biji dan jagung serta berbagai jenis makanan lainnya.
  • Makanan Kaya Zat Besi, Jenis makanan lain yang dapat membantu ibu hamil muda lebih sehat adalah makanan yang mengandung zat besi. Fungsi dari zat besi ini adalah untuk mengurangi terjadinya tekanan darah rendah atau anemia pada wanita hamil. Berbagai makanan yang mengandung banyak zat besi diantaranya adalah nasi merah, biji-bijian, kacang-kacangan, daging sapi, danging unggas dan seafood.
  • Selama masa kehamilan, anda sangat di rekomendasikan untuk mengonsumsi biji-bijian utuh setiap hari dengan rutin minimal 3 kali dalam sehari. Biji-bijian mengandung banyak serat untuk mencegah konstipasi dan wasir ketika hamil tengah berlangsung. Beberapa jenis makanan yang kaya akanserat diantaranya adalah nasi merah, biji-bijian utuh dan roti atau sereal.
  • Mencukupi keperluan protein saat hamil dan menyusui juga perlu diperhatikan. Anda sangat memerlukan asupan protein dari berbagai makanan seperti daging lemak rendah, telur, daging ungas dan ikan. Selain dengan makanan, anda juga harus konsumsi suplemen khusus untuk ibu hamil yaitu QNC Jelly Gamat.
  • Susu, sebagai sumber tambahan kalsium anda juga perlu mengonsumsi susu atau berbagai olahan susu seperti keju dan yogurt rendah lemak juga sangat disarankan untuk anda. Salah satu jenis susu terbaik adalah susu kambing. Banyak manfaat susu kambing untuk kesehatan salah satunya mampu mencegah penyakit hati.
  • Air kelapa, Jika anda sebagai wanita hamil merasa sangat kelelahan. Maka minumlah air kelapa yang dipadukan dengan perasan lemon. Minuman jenis ini bisa membantu menghilangkan rasa mual yang selalu muncul ketika hamil muda.

Selain makanan yang dianjurkan, anda juga disarankan untuk menghindari makanan makanan terentu. Diantaranya adalah makanan mentah, makanan setengah matang dan yang belum dipasteurisasi.

Jika anda mengonsumsi seafood atau makanan laut, barhati-hatilah terdapat seafood yang didalamnya terkontaminasi zat merkuri. Karena zat ini dapat merusak system saraf janin. Beberapa jenis seafood yang harus dihindari adalah ikan tongkol, ikan kakap putih dan ikan makarel. Sebaiknya anda tahan nafsu dulu jika ngidam dengan makanan-makanan tersebut.

Kiranya itulah berbagai makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil muda. Semoga anda lancar dalam proses persalinannya nanti ya. Salam sehat.

About Rumah Walatra

Rumah Walatra | Herbal Shop Terlengkap Dan Terpercaya, Kami menyediakan berbagai produk herbal berkualitas, Melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah indonesia dengan keunggulan sistem KIRIM BARANG DULU - BAYAR NANTI SETELAH BARANG SAMPAI (syarat dan ketentuan berlaku) dan memberikan JAMINAN 100% GARANSI UANG KEMBALI jika barang yang anda pesan tidak sampai ke tempat / alamat tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *