6 Manfaat Teripang Emas Untuk Kesehatan

Teripang (gamat / gamak) adalah biota laut yang unik, menarik dan banyak khasiatnya. Teripang emas dalam bahasa latin lebih dikenal dengan sebutan Golden Stichoupus Variegatus. Hewan laut bertekstur lunak ini merupakan alternatif untuk pengobatan ragam penyakit degeneratif (penyakit yang terjadi akibat pertamabahan usia) seperti asam urat, darah tinggi dan diabetes.

Manfaat Teripang Emas

Manfaat Teripang Emas

Gamat Emas terdapat di hampir seluruh dasar laut dunia, khususnya di bagian asia. Indonesia merupakan daerah dengan kekayaan laut terbesar yang memiliki limpahan berbagai sumber daya dan hasil laut terbaik. Teripang emas banyak tersebar di lautan indonesia, khususnya di kepulauan sulawesi dan memiliki nilai ekonomis tinggi karena digunakan sebagai bahan obat tradisional.

Seiring berkembangnya waktu, teripang emas dan khasiatnya bisa langsung anda konsumsi dengan mudah melalui beberapa produk yang terbuat dari ekstrak teripang emas, seperti Walatra Gamat Emas kapsul (ekstrak gamat emas berbentuk kapsul) dan Walatra Jelly Gamat (ekstrak gamat emas berbentuk cairan kental mirip seperti jeli).

Selain teripang emas, teradapat lebih dari 1199 spesies teripang yang tersebar di seluruh perairan laut. Namun tidak semua jenis teripang aman dikonsumsi, karena beberapa jenis diantaranya mengandung racun yang berbahaya. Hanya beberapa jenis teripang yang bisa dimakan seperti teripang putih (holothuria scabra), teripang koro (microthele nobelis), teripang pandan (theenota ananas) dan teripang dongnga (stichopu ssp). Namun yang paling banyak digunakan adalah teripang emas.

Kandungan Teripang Emas

Menurut studi yang dilakukan oleh beberapa ahli, menemukan bahwa dalam teripang emas setidaknya terdapat beberapa nutrisi penting seperti : Asam Amino, Asam Lemak Essensial, Asam Docosahexanat (DHA), Antiseptik Alamiah, Cell Growth Factor (CGF), Chondroitin, Philinopside A dan E, Gamapeptide, Glucasaminoglycans (GAGs), Glucosamine, Glikosida Keratin, Lektin, Mineral, Mukopolisakarida, Omega 3, 6, dan 9, Protein, dan Kolagen.

Jika berikan pada anak, manfaat teripang emas dapat meningkatkan daya ingat dan menambah kecerdasan karena didalamnya mengandung DHA dan EPA yang di percaya mampu menjaga kesesehatan dan mendukung tumbuh kembang si kecil.

Manfaat Teripang Emas Untuk Kesehatan

Teripang emas dapat membantu penyembuhan kencing manis dan luka yang sulit disembuhkan pada penderita kencing manis. Menurut Dr.Ir. Ahkam Subroto,M.App Sc dari LIPI. Menyatakan ” Teripang laut mengandung protein tinggi yakni mencapai 86,8% yang sangat baik untuk diberikan pada penderita DM (Diabetes Melitus). Protein tinggi berperan meregenerasi sel beta pankreas yang memproduksi insulin. Hasilnya, produksi insulin pun meningkat”.

Teripang emas yang di konsumsi dengan cara yang baik dan benar dapat membantu peluruhan gula darah didalam tubuh. Untuk mengobati diabetes (gula darah tinggi) anda bisa mengolah teripang sendiri di rumah, namun untuk pengobatan luka diabetes sebaiknya anda menggunakan produk yang sudah jadi, agar kualitasnya terjaga, lebih higenis, terjamin dan lebih mudah dalam menggunakannya.

Selain membantu penyembuhan kencing manis, penderita kolesterol dan trigliserida tinggi juga di anjurkan untuk mengkonsumsi teripang emas.  rof. Zaiton Hassan dari Universitas Putra Malaysia & MA Kaswandi dari Univ Kebangsaan Malaysia. Menyatakan bahwa ” kandungan asamdocosahexanat (DHA) pada teripang bisa menurunkan trigliserida darah penyebab penyakit jantung. Hal ini telah dibuktikan ketika meneliti kandungan asam lemak teripang golden stichoupus variegatus, hasilnya kandungan DHA teripang relatif tinggi, yaitu 3,69 %.”

Jantung dan kolesterol memiliki hubungan yang erat, begitu juga kolesterol dengan otak juga memiliki hubungan yang erat. Jika terjadi penyumbatan pembuluh darah menuju jantung akibat kolesterol / trigliserida maka berisiko menyebabkan serangan jantung. Sedangkan apabila kolesterol menghambat laju darah menuju otak, maka berisiko menyebabkan penyakit stroke / lumpuh.

Dengan berkurangnya tumpukan kolesterol dalam darah, maka ada beberapa penyakit yang dapat di cegah yaitu : Penyakit asam urat (penumpukan Kristal asam pada sendi) yang berisiko menyebabkan nyeri dan radang sendi. Penyakit batu ginjal yang merupakan penumpukan Kristal pada ginjal, dan juga batu empedu yang terbentuk akibat ketidakseimbangan zat kimia dalam empedu dengan kadar kolesterol.

Mengkonsumsi teripang emas dapat memulihkan kesehatan tubuh anda secara menyeluruh. Jika anda merasakan gangguan pada proses metabolism tubuh anda, merasa sering cemas, mudah lelah dan mudah stress. Semua itu dapat diatasi dengan manfaat teripang emas (gamat laut).

Manfaat Teripang Emas Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk mengobati ragam penyakit, teripang emas juga memiliki banyak khasiat untuk memperindah kulit dan menambah kecantikan. Pada wanita yang berusia tua, teripang emas berguna untuk menghilangkan flek hitam tanda-tanda penuaan pada wajah. Sedangkan pada remaja, manfaat dan khasiat teripang emas dapat digunakan untuk mengobati jerawat dan komedo.

Terdapat banyak suplemen yang dapat digunakan secara langsung untuk mendapatkan manfaat dari teripang emas, suplemen tersebut ada yang berbentuk kapsul dan ada juga yang bentuknya cair. Walatra Jelly Gamat merupakan salah satu contoh produk gamat cair terbaik saat ini. Dan untuk yang kapsul ada Walatra Gamat Emas Kapsul yang khasiat dan manfaatnya sama-sama efektif untuk kesehatan dan kecantikan.

Penggunaan teripang emas untuk menambah dan mempertahankan kecantikan telah digunakan sejak zaman dulu. Kolagen aktif yang terdapat dalam teripang emas dapat membantu menyamarkan bekas luka, mempercepat penyembuhan luka dan menghilangkan jaringan parut (yang berisiko jadi keloid) akibat luka, serta meregenerasi / melakukan perbaikan ulang terhadap sel-sel kulit yang mengalami luka.

Penggunaan teripang emas yang telah di ekstrak sebagai masker juga bermanfaat untuk mencerahkan wajah, dan menyamarkan wajah gelap akibat sinar UV. Dengan berbagai manfaat yang terdapat didalamnya, maka pantaslah teripang emas ini disebut sebagai hewan laut yang istimewa dan ajaib.

Manfaat Teripang Emas Untuk Pengobatan

Ekstrak teripang emas dapat digunakan sebagai bahan obat untuk mengatasi penyakit-penyakit tertentu, menurut penelitian para ahli mangatakan bahwa teripang emas mampu mengobati penyakit-penyakit berikut :

Diabetes

Diabetes atau kencing manis yang dalam masyarakat secara luas dikenal sebagai penyakit gula darah tinggi merupakan salah satu penyakit yang sukar terjadi di Indonesia. Penderita diabetes dilarang meminum / memakan sesuatu yang mengandung kadar gula tinggi untuk mencegah kambuhnya penyakit ini. Salah satu manfaat teripang emas adalah untuk pengobatan diabetes dan luka sukar sembuh (neuropati) akibat diabetes.

Arthtritis

Dalam teripang emas terdapat kandungan kimia yang disebut dengan kondroitin, glukosamin dan mukopolisakarida yang mana semua kandungan tersebut memiliki manfaat untuk menjaga keseimbangan prostaglandin (semacam hormon yang berkerja dalam sel tempat mereka tersintesis, salah satunya sendi). Sehingga dapat membantu menangani gangguan artritis.

Menyembuhkan Luka

Ekstrak teripang adalah obat untuk mempercepat penyembuhan, baik pada luka dipermukaan kulit ataupun kerusakan yang terjadi pada organ dalam tubuh seperti luka pada usus, luka lambung dan infeksi ginjal. Teripang dapat dioleskan untuk membantu pembentukan jaringan baru yang rusak akibat luka pada kulit.

Mendukung Berbagai Reaksi Biologis

Teripang mengandung kadar protein yang cukup tinggi, sehingga mampu meningkatkan kesetaraan sistem kekebalan tubuh. Protein juga memiliki kaitan erat dengan trigliserida, lebihd ari 70 % protein dalam teripang mampu membantu menurunkan kadar trigliserida / kolesterol tinggi. Disamping itu, terdapat pula kolagen yang biasanya diproduksi menjadi gelatin sebagai bahan bioaktif dalam tubuh.

Dalam teripang juga terkandung berbagai zat lain seperti glikosida triterpenoid, berbagai enzim, amilosa, asam lemak, dan sitotoksin. Zat-zat tersebut dapat berpotensi meningkatkan kekebalan tubuh, melindungi jaringan saraf, mengurangi rasa nyeri. Dari beberapa penelitian ekstrak teripang, fucosylated chondroitin sulfates (FCS), dapat menghambat infeksi dari virus HIV secara alami.

Antiradang

Fungsi lain dari ekstrak teripang adalah sebagai anti radang untuk mengatasi ragam infeksi dan peradangan yang terjadi baik pada organ luar maupun pada organ dalam tubuh, seperti radang kulit, radang lambung dan radang lainnya.

Efek Samping Teripang Emas

Banyak orang tidak menyadari bahwa segala sesuatu berisiko menimbulkan efek samping / timbal balik. Begitu juga dengan efek samping teripang emas berisiko menyebabkan timbal balik yang kurang di harapkan bagi orang yang mengkonsumsinya. Maka dari itu, kami tidak menyarankan jika teripang emas dalam bentuk apapun dikonsumsi oleh :

  • Orang yang mempunyai alergi terhadap olahan laut.
  • Yang menderita kekurangan darah / tekanan darah rendah.

Namun perlu anda tahu bahwa teripang emas bisa dan aman dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil dan menyusui, dapat digunakan oleh anak-anak diatas usia 1 tahun. Sedangkan untuk anak yang berusia dibawah satu tahun dapat diminum oleh ibu yang menyusuinya.

Berbagai manfaat teripang masih di teliti lebih lanjut oleh para ahli. Itulah informasi mengenai manfaat teripang emas. Semoga teripang emas yang dikonsumsi menjadi perantara kesembuhan ragam penyakit yang terjadi pada tubuh kita.

About Rumah Walatra

Rumah Walatra | Herbal Shop Terlengkap Dan Terpercaya, Kami menyediakan berbagai produk herbal berkualitas, Melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah indonesia dengan keunggulan sistem KIRIM BARANG DULU - BAYAR NANTI SETELAH BARANG SAMPAI (syarat dan ketentuan berlaku) dan memberikan JAMINAN 100% GARANSI UANG KEMBALI jika barang yang anda pesan tidak sampai ke tempat / alamat tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *