10 Pantangan Makanan Bagi Penderita Wasir

Wasir ambeien atau hemoroid adalah salah satu penyakit yang cukup menjengkelkan penderitanya. Mengatur pola makan adalah cara terbaik untuk menyembuhkan wasir dan memperlancar proses BAB yang sulit pada penderita wasir. Wasir adalah pembengkakan anus akibat darah yang menumpuk pada bagian ujung anus, kondisi ini berisiko menyebabkan penyempitan anus dan membuat si penderita kesulitan BAB, merasa nyeri pada bokong dan kesulitan duduk.

Pantangan Makanan Bagi Penderita Wasir

Pembengkakan pembuluh darah pada lubang anus dapat terjadi pada bagian luat dan dalam. Orang yang terkena penyakit wasir ambeien dapat mengalami gejala seperti adanya benjolan dalam pada anus. Jika anda mengalaminya, segeralah berkonsultasi dengan dokter. Ada berbagai cara mudah untuk mencegah, menghindari dan mengobati penyakit wasir, yaitu dengan memahami berbagai pantangan makanan bagi penderita wasir berikut ini.

Rekomendasi Obat : Walatra Sehat Wasir Kapsul

Pantangan Makanan Bagi Penderita Wasir

Ada berbagai makanan yang harus dihindari oleh penderita wasir ambeien, diantaranya adalah sebagai berikut :

Makanan Berserat Tinggi

Makanan yang harus dihindari penderit wasir yang pertama adalah makanan yang mengandung serat tinggi. Sejatinya makanan berserat memang dapat membantu proses pencernaan lebih lancar, akan tetapi jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menyebabkan makanan tersebut menumpuk dalam usus, sehingga menyebabkan ukuran feses menjadi lebih besar dari biasanya. Ukuran feses yang besar membuat anus harus bekerja lebih keras untuk mengeluarkannya, sehingga pembuluh darah pada anus menjadi pecah dan menyebabkan benjolan wasir. Ketika menderita ambeien, baiknya tetap konsumsi makanan berserat secara teratur dan tidak berlebihan.

Makanan Pencahar

Ada berbagai makanan yang fungsinya berguna sebagai pencahar atau obat khusus untuk pencahar bagi orang yang susah BAB. Obat pencahar tidak baik dikonsumsi oleh penderita wasir, mengingat kadar asam yang tinggi terdapat pada obat pencahar dapat menimbulkan tinja menjadi asam. Hal ini berisiko menyebabkan rasa nyeri pada bagian anus, bahkan jika obat pencahar dikonsumsi dalam jangka waktu yang panjang, berisiko menyebabkan sembelit. Maka dari itu, hindarilah penggunaan obat pencahar ketika menderita penyakit wasir ambeien.

Minuman Yang Mengandung Alkohol

Orang yang sering minum alcohol berisiko mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Kondisi tubuh yang sedang dehindrasi berisiko tinggi mengalami penyakit wasir ambeien. Anda baiknya menghindari alcohol, berhenti konsumsi alcohol minimal selama pengobatan wasir sedang berlangsung.

Makanan Olahan

Ada berbagai makanan olahan seperti makanan cepat saji, makanan kemasan, makanan kaleng dan junk food. Semua jenis makanan tersebut merupakan jenis makanan yang harus dihindari penderita wasir.

Susu

Susu merupakan salah satu minuman yang dilarang bagi penderita ambeien, karena susu dapat menghasilkan gas pada tubuh yang berisiko menyebabkan rasa nyeri dan kram pada perut. Selain itu, susu juga mengandung asam lemak yang berisiko menyebabkan feses lebih keras. Kalau anda sedang menderita penyakit ambeien, baiknya menghindari susu untuk sementara.

Garam

Orang yang terkena penyakit wasir baiknya tidak mengonsumsi makanan yang mengandung garam dalam kadar yang tinggi, karena garam dapat menyebabkan terjadinya dehidrasi dan berisiko menyebabkan susah BAB. Disamping itu, garam juga dapat menghentikan fungsi pencernaan, menyebabkan perut kembung dan memicu benjolan wasir pada anus menjadi lebih besar dan mengalami pembengkakan.

Biji-Bijian

Kacang tanah, almond dan berbagai jenis biji-bijian lain baiknya juga dihindari oleh penderita wasir ambeien. Karena biji-bijian tersebut menyebabkan tubuh kekurangan serat dan nutrisi. Kurangnya serat dan nutrisi pada tubuh berisiko mengganggu system pencernaan jadi terhambat dan menjadi sulit.

Makanan Asam

Makanan lain yang berisiko memicu wasir kambuh kembali adalah makanan yang mempunyai rasa masam. Rasa asam pada makanan berisiko memicu BAB menjadi perih, bagi anda yang sedang menderita penyakit wasir baiknya menghindari berbagai jenis makanan asam agar penyakit ambeien tidak kambuh kembali.

Makanan Pedas

Pedas dari cabai dan bahan lainnya berisiko memicu masalah pencernaan, salah satunya penyakit wasir atau ambeien. Makanan yang pedas dapat menyebabkan penderita wasir kesakitan saat BAB, bahkan makanan pedas juga berisiko menyebabkan pendarahan pada anus. Berbagai jenis makanan pedas baiknya dihindari oleh penderita wasir ambeien.

Makanan Berminyak

Banyak terdapat makanan yang mengandung kolesterol tinggi yang di jajakan dan dijual secara bebas. Perlu anda tahu bahwa makanan yang mengandug minyak atau kolesterol, dapat memicu penyakit wasir ambeien lebih parah.

Itulah berbagai jenis makanan yang harus dihindari oleh penderita wasir ambeien atau hemoroid. Baiknya anda tidak mengejan ketika BAB, tidak terlalu lama duduk dan menghindari rokok agar penyakit wasir ambeien yang anda derita bisa lekas sembuh secara total.

About Rumah Walatra

Rumah Walatra | Herbal Shop Terlengkap Dan Terpercaya, Kami menyediakan berbagai produk herbal berkualitas, Melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah indonesia dengan keunggulan sistem KIRIM BARANG DULU - BAYAR NANTI SETELAH BARANG SAMPAI (syarat dan ketentuan berlaku) dan memberikan JAMINAN 100% GARANSI UANG KEMBALI jika barang yang anda pesan tidak sampai ke tempat / alamat tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *