Mengenal 6 Jenis Penyebab Kista Bartholin

Cairan yang di keluarkan dan di produksi oleh kelenjar bartholin akan di alirkan langsung menuju mulit vagina, apabila saluran tersumbat maka terjadilah penumpukan cairan yang dapat berisiko mejadi kista bartholin. Ukuran benjolan kista bartholin akan semakin besar selepas melakukan hubungan intim karena cairan yang di produksi kelenjar akan meningkat ketika hubungan seksual.

Penyebab Kista Bartholin

Penyebab Kista Bartholin

Banyak hal yang dapat menjadi penybab utama terjadinya penyumbatan kelenjar bartholin yang menyebabkan kista, diantaranya adalah :

Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri adalah penyebab kista bartholin pada ibu hamil yang paling umum terjadi, Infeksi ini terjadi lantaran kurang menjaga kebersihan vagina. Terdapat banyak jenis bakteri yang bisa menyebabkan penyumbatan kelenjar bartholin, diantaranya adalah bakteri penyebab infeksi menular seksual (IMS) berikut :

Neisseria Gonorrheae

Neisseria gonorrhoeae , juga dikenal sebagai gonococcus (tunggal), atau gonokokus (jamak) adalah spesies gram negatif diplokokus bakteri diisolasi oleh Albert Neisser pada tahun 1879. Hal ini menyebabkan menular seksual infeksi genitourinari gonore serta lainnya bentuk penyakit gonococcal termasuk gonococcemia diseminata, artritis septik, dan opioalmon gonococcal neonatorum.

Ini adalah oksidase positif, aerobik, non-motil, dan bertahan dalam neutrofil. [4] Untuk budidaya, dibutuhkan suplementasi karbon dioksida dan agar diperkaya (agar coklat) dengan berbagai antimikroba ( Thayer-Martin ). Ini menunjukkan variasi antigenik melalui rekombinasi protein pili dan permukaannya yang berinteraksi dengan sistem kekebalan tubuh.

Sumber : Wikipedia

Chlamydia Trachomatis

Chlamydia trachomatis umumnya dikenal sebagai klamidia, adalah salah satu dari empat bakteri spesies dalam genus Chlamydia. Chlamydia adalah genus bakteri patogen yang merupakan parasit intraselular obligat . C. trachomatis adalah bakteri Gram-negatif. Bentuknya ovoid dan nonmotile.

Bakteri adalah non spora- bentuk, tapi badan dasar bertindak seperti spora saat dilepaskan ke inang. Badan inklusi C. trachomatis pertama kali dijelaskan pada tahun 1907 oleh Stanislaus von Prowazek dan Ludwig Halberstädter selama penelitian tentang trachoma. C. agen trachomatis pertama kali dikultur dalam kantung kuning telur oleh Profesor Tang Fei-fan , dkk. pada tahun 1957.

Sumber : Wikipedia

Escherichia Coli

Escherichia coli (juga dikenal sebagai E. coli ) adalah Gram-negatif , fakultatif anaerob , berbentuk batang , coliform bakteri dari genus Escherichia yang umum ditemukan di bawah usus dari berdarah panas organisme (endotermik). Kebanyakan strain E. coli tidak berbahaya, namun beberapa serotipe dapat menyebabkan keracunan makanan serius di host mereka, dan kadang-kadang bertanggung jawab atas penarikan produk karena kontaminasi makanan.

Strain berbahaya adalah bagian dari flora normal dari usus , dan bisa mendapatkan keuntungan tuan rumah mereka dengan memproduksi vitamin K dan mencegah kolonisasi usus dengan bakteri patogen , memiliki hubungan simbiosis. E. colidibuang ke lingkungan dalam kotoran. Bakteri tumbuh secara besar-besaran dalam kotoran segar dalam kondisi aerobik selama 3 hari, namun jumlahnya menurun perlahan setelahnya

Bakteri Escherichia coli (E. coli) biasanya hidup di usus orang dan hewan. Kebanyakan E. coli tidak berbahaya dan sebenarnya merupakan bagian penting dari saluran pencernaan manusia yang sehat. Namun, beberapa E. coli bersifat patogen, yang berarti mereka dapat menyebabkan penyakit, baik diare atau penyakit di luar saluran usus. Jenis E. coli yang dapat menyebabkan diare dapat ditularkan melalui air atau makanan yang terkontaminasi, atau melalui kontak dengan hewan atau orang.

  1. coli terdiri dari beragam kelompok bakteri. Patogen E . Strain coli dikategorikan menjadi pathotypes. Enam patotipe dikaitkan dengan diare dan secara kolektif disebut sebagai E. coli diarrheagen.

Sumber :

Wikipedia

cdc.gov/ecoli/

Iritasi Jangka Panjang

Iritasi yang terjadi pada mulut kemaluan dan terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama berisiko menyebabkan terjadinya penyumbatan kelenjar bartholin yang berujung pada penyakit kista. Kondisi ini tentu saja bukan merupakan hal yang langka terjadi, karena banyak wanita yang menggunakan pakaian ketat. Hal ini juga menjadi penyebab utama kista bartholin pada remaja.

Jika iritasi terus menerus terjadi dan tidak ada tindakan pengobatan terhadapnya, maka berisiko menyebabkan terjadinya iritasi yang lebih besar. Iritasi dapat terjadi akibat gesekan dengan pakaian dalam yang kasar, akibat penggunaan pembalut yang mengandung bahan kimia atau karena kurangnya menjaga kebersihan vagina.

Selain itu, iritasi jangka panjang pada vagina juga dapat terjadi akibat penggunaan sabun khusus vagina, penggunaan krim penghilang bau, atau penggunaan silicon dan berbagai kosmetika lainnya. Menggunakan mainan wanita dewasa seperti dildo juga berisiko menyebabkan iritasi jangka panjang.

Hal-hal lain yang dapat menyebabkan isitasi jangka panjang adalah penggunaan selaput dara buatan, penggunaan alat atau obat oles untuk mengesatkan bagian vagina. Iritasi jangka panjang juga dapat terjadi akibat melahirkan normal, atau adanya luka yang muncul pada vagina akibat kecelakaan.

Sebaiknya anda berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan organ intim untuk menghindari iritasi jangka panjang. Melakukan hubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan juga berisiko menyebabkan iritasi, penularan bakteri dan kuman atau virus yang menyebabkan terjadinya penyakit kista bartholin.

Peradangan

Radang adalah respon dari tubuh kita untuk mengeluarkan berbagai jaringan asing atau akibat terjadinya cedara akibat tertusuk, infeksi atau terbakar. Radang yang terjadi pada bagian mulut vagina berisiko menjadi penyebab kista bartholin pada remaja dan orang dewasa. Radang mulut vagina biasanya menyebabkan luka yang bernanah atau berair di sekitar mulut vagina. Penggunaan pengharum dan pembalut yang tidak tepat berisiko menyebabkan radang pada mulut vagina.

Itulah berbagai penyebab kista bartholin yang umum terjadi. Kista bartholin sebaiknya segera disembuhkan dengan cepat sebelum terlambat salah satunya dengan menjalani proses operasi kista bartholin secara medis, Jangan sampai kondisi kista semakin parah karena tidak kunjung melakukan pengobatan. Hindari juga berbagai pantangan kista bartholin agar anda lekas sembuh. Semoga lekas sembuh total, Salam Sehat !

Penyebab Kista Bartholin

Post By : Obat Kista Bartholin

About Rumah Walatra

Rumah Walatra | Herbal Shop Terlengkap Dan Terpercaya, Kami menyediakan berbagai produk herbal berkualitas, Melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah indonesia dengan keunggulan sistem KIRIM BARANG DULU - BAYAR NANTI SETELAH BARANG SAMPAI (syarat dan ketentuan berlaku) dan memberikan JAMINAN 100% GARANSI UANG KEMBALI jika barang yang anda pesan tidak sampai ke tempat / alamat tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *