Ini 6 Tanda-Tanda Keputihan Yang Berbahaya

Keputihan memang hal wajar terjadi pada setiap perempuan yang sedang memasuki masa subur. Tetapi, jika warna dan bau keputihan tidak sedap, itu merupakan tanda tanda keputihan yang berbahaya dan harus segera di tangani secepatnya.

Tanda Tanda Keputihan Yang Berbahaya

Organ kewanitaan yang sensitive akan mengeluarkan cairan dari kelenjarnya guna membersihkan leher rahim dan vagina dari berbagai sel mati, bakteri dan kotoran sisa metabolism dalam tubuh. Cairan ini akan keluar secara alami guna mencegah terjadinya infeksi pada vagina dan menjaganya supaya tetap bersih. Kondisi ini disebut sebagai keputihan normal.

Tanda Keputihan Normal

Jika anda wanita yang masih di usia subur (belum menopause), keputihan normal biasanya akan keluar dengan ciri-ciri cairan yang berwarna bening dan tidak berbau, jumlah cairan yang keluar adalah 2 s/d 5 ml atau satu sendok teh. Namun, proses keputihan ini akan bervariasi pada setiap individu, bahkan dapat mengalami perubahan seiring berjalannya waktu, hal ini juga tergantung pada kondisi tubuh misalnya ketika sedang menyusui, saat terjadi pematang sel telur (ovulasi), ketika terangsang, saat menjalani masa kehamilan, akibat menggunakan alat kontrasepsi atau seminggu sebelum masa menstruasi tiba.

Tanda Keputihan Tidak Normal

Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus keputihan menjadi tidak normal, salah satunya yaitu menggunakan sabun pencuci vagina yang mengandung antiseptic. Begitu juga dengan menggunakan pantyliners sama  pengaruhnya dapat merusak kebiasaan datangnya keputihan. Disamping kedua hal diatas, penggunaan pakaian dalam dan luar yang terlalu ketat, menggunakan sabun mandi yang beraroma juga berisiko menyebabkan keputihan tidak normal. Tetapi, keputihan tidak normal atau keputihan yang berbahaya juga bisa menjadi tanda terjadinya suatu penyakit, seperti infeksi jamur, vaginonis baketeri dan kanker serviks.

Tanda Tanda Keputihan Yang Berbahaya

Untuk memudahkan, anda dapat mengetahui berbagai penyakit yang mungkin sedang terjadi dari tanda-tanda keputihan yang berbahaya, diantaranya :

  • Infeksi jamur, Pada wanita yang mengalami infeksi jamur di kemaluan mereka, ada beberapa ciri ciri keputihan yang mungkin terjadi, seperti cairan keputihan yang kental berwrna putih dan menyebabkan rasa gatal, pembengkakan dan nyeri di sekitar vulva. Keputihan akibat jamur biasanya menyebabkan nyeri ketika berhubungan intim.
  • Lokia, yaitu kondisi tumpahnya lapisan rahim selepas melahirkan dapat menyebabkan warna cairan keputihan menjadi merah muda atau pink.
  • Vaginosis bakteri, atau infeksi ringan miss V yang terjadi akibat bakteri yang merugikan (pathogen asing). Biasanya menyebabkan warna keputihan menjadi abu-abu, kuning dan disertai bau amis yang menyengat, menimbulkan miss v terasa gatal, perih, kemerahan dan mengalami pembengkakan pada bagian bibir vagina.
  • Trikomoniasis, adalah penyakit meluar seksual yang terjadi akibat infeksi organism bernama Trichomonas Vaginalis. Kondisi keputihan yang terjadi akibat penyakit ini adalah berwarna kuning kehijauan, mengandung busa dan berbau busuk. Selain itu, penyakit trikomoniasis yang berisiko menyebabkan miss v terasa nyeri atau gatal saat kencing.
  • Siklus haid yang tidak teratur, tumor kanker serviks atau kanker endometrium biasanya menyebabkan keputihan berwarna cokelat atau merah, perubahan warna ini disertai dengan rasa sakit pada bagian perut, panggul dan pendarahan vagina / haid yang berlebihan.
  • Penyakit seksual menular, dapat menimbulkan keputihan mengalami perubahan warna menjadi kuning, keruh disertai nyeri pada bagian panggul, biasanya menyebabkan pendarahan di luar siklus mentruasi dan keluar air kencing secara tiba-tiba.

Baca Juga : Makanan Yang Dianjurkan Untuk Penderita Keputihan

Jika anda mengidap keputihan seperti diatas, baiknya berhati-hati dan segera membersihkan vagina dengan benar. Keputihan merupakan siklus alami tubuh untuk membersihkan vagina, untuk mengatasi keputihan tidak diperlukan sabun antiseptic atau pewangi (douching) juga dirasa tidak perlu.

Bersihkan lah vagina dengan menggunakan air hangat, jika keputihan yang di derita semakin parah segeralah konsumsi obat herbal keputihan Walatra Bersih Wanita Kapsul, dalam membersihkan vagina anda juga bisa menggunakan sabun biasa yang tidak mengandung bahan berbahaya.

Penggunaan pewangi atau sabun atiseptik pada vagina berisiko menyebabkan iritasi, timbulnya jamur dan rasa ruam pada bibir vagina. Bersihkanlah vagina dengan air mengalir dari depan ke belakang untuk mencegah masuknya bakteri dari anun menuju vagina.

Jika semua atau salah satu tanda tanda keputihan berbahaya diatas sedang terjadi pada diri anda. Segeralah konsumsi obat keputihan walatra bersih wanita kapsul dan rasakan sendiri khasiatnya.

About Rumah Walatra

Rumah Walatra | Herbal Shop Terlengkap Dan Terpercaya, Kami menyediakan berbagai produk herbal berkualitas, Melayani pengiriman barang ke seluruh wilayah indonesia dengan keunggulan sistem KIRIM BARANG DULU - BAYAR NANTI SETELAH BARANG SAMPAI (syarat dan ketentuan berlaku) dan memberikan JAMINAN 100% GARANSI UANG KEMBALI jika barang yang anda pesan tidak sampai ke tempat / alamat tujuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *